Asal Pengunjung

Arsip Pengunjung

SELAMAT DATANG

Tasbih

Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate

Tongkat

Facebook

Ramuan Madura

Parfum

Total Tayangan Halaman

Pipa Rokok

Krus Mata Uang

Peralatan Dapur

Souvenir

Keris


Rabu, 26 Oktober 2011

Definisi Batu-Batu Empedu

sumber http://www.totalkesehatananda.com

Batu-batu empedu adalah batu-batu yang terbentuk didalam empedu.

  • Empedu adalah suatu cairan yang berair yang dibuat oleh sel-sel hati yang adalah penting untuk pencernaan makanan didalam usus, terutama lemak.
  • Sel-sel hati mengeluarkan empedu yang mereka buat kedalam kanal-kanal (saluran-saluran) kecil didalam hati.
  • Empedu mengalir melalui kanal-kanal dan kedalam saluran-saluran pengumpul yang lebih besar didalam hati (saluran-saluran empedu intrahepatik).
  • Empedu kemudian mengalir didalam saluran-saluran empedu intrahepatik keluar dari hati dan kedalam saluran-saluran empedu ekstrahepatik - pertama-tama kedalam saluran-saluran empedu hepatik, kemudian kedalam saluran common hepatic, dan akhirnya kedalam saluran common bile.

Dari saluran common bile, ada dua arah (jurusan) yang berbeda yang dapat dialiri empedu.

  • Arah pertama adalah kebawah ke saluran common bile dan kedalam usus kecil dimana empedu bercampur dengan makanan dan mempromosikan atau memajukan pencernaan makanan.
  • Arah kedua adalah kedalam saluran cystic, dan dari sana kedalam kantong empedu (gallbladder).

Sekali didalam kantong empedu, empedu dikonsentrasikan/dipekatkan dengan pengangkatan/penyerapan airnya. Sewaktu makan, otot yang membentuk dinding kantong empedu berkontraksi dan mengeluarkan empedu yang pekat (terkonsentrasi) didalam kontong empedu kembali melalui saluran cystic kedalam saluran common dan kemudian kedalam usus kecil. Empedu yang pekat adalah jauh lebih efektif untuk pencernaan daripada empedu yang tidak pekat yang pergi dari hati langsung kedalam usus kecil. Pemilihan waktu dari kontraksi kantong empedu sewaktu makan mengizinkan empedu yang pekat dar kantong empedu bercampur dengan makanan.

Batu-batu empedu biasanya terbentuk didalam kantong empedu (gallbladder); bagaimanapun, mereka juga mungkin terbentuk dimana saja ada empedu; dalam saluran-saluran intrahepatik, hepatik, common bile, dan cystic.

Batu-batu empedu juga mungkin bergerak/berpindah didalam empedu, contohnya, dari kantong empedu kedalam saluran cystic atau common.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Tanggapan:

Posting Komentar

Item Reviewed: Definisi Batu-Batu Empedu Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi