Cari Blog Ini

Memuat...

Formulir Order via Email

Nama

Email *

Pesan *

Home » » Wasir Sembuh Tanpa Operasi

Wasir Sembuh Tanpa Operasi

Written By M Imron Pribadi on Jumat, 28 Januari 2011 | 04.20


Ini kabar baik bagi para penderita wasir alias ambeien, atau hemoroid. Mereka yang dulu takut harus menjalani operasi pengangkatan wasir, kini bisa memilih cara penyembuhan non-operasi yang lebih ramah.
Bila mendengar kata operasi (pembedahan), yang terlintas dalam pikiran penderita wasir adalah kilatan pisau yang menakutkan. Belum apa-apa sudah ngeri membayangkan peralatan tajam ini beraksi merobek dan mengaduk-aduk bagian tubuh. Bagi pasien, ini merupakan bagian dari perjuangannya dalam upaya menyingkirkan gumpalan di “kutub selatan”-nya. Itulah sebabnya, banyak penderita hemoroid segan menjalani pembedahan. Kalau masih memungkinkan, penderita wasir tentu akan memilih cara penanganan lain.
Anus juga harus diperbaiki
Hemoroid merupakan pelebaran pembuluh darah di bawah selaput lendir anus (flexus hemorrhoidal) menjadi semacam benang kusut sehingga membentuk gumpalan atau benjolan. Kebanyakan hemoroid ini terjadi di dalam sehingga disebut haemorrhoid interna. Karena letaknya di dalam inilah yang sering merepotkan penderitanya. Sedangkan wasir yang terjadi di luar atau haemorrhoid externa jumlah kasusnya hanya sedikit, sekitar 5 -7%.
Menurut konsep kedokteran Barat, terjadinya hemoroid disebabkan karena terhambatnya aliran mudik darah menuju jantung, sehingga pembuluh darahnya melebar.

Untuk melakukan pengikatan pembuluh arteri bermasalah, dr. Henry perlu bantuan doppler ultrasound
Sedikit berbeda dengan pengertian di atas, konsep kedokteran Timur menjelaskan bahwa terjadinya hemoroid bukan semata-mata ada hambatan backflow, tapi karena struktur anusnya juga salah. Ini didukung oleh penelitian, yang menyatakan 90% wasir disebabkan oleh faktor keturunan. Karena adanya faktor keturunan, berarti struktur anus itu yang salah.
Pada anus terdapat otot lingkar yang mencengkeram terus selama 24 jam. Ia hanya berelaksasi ketika ada rombongan kotoran hendak berangkat ke “dunia” baru. Diduga, wasir terjadi karena ada bagian yang lemah dari struktur anus pencengkeram itu. “Karena itu, dalam mengobati wasir, tidak cukup dengan mengobati wasirnya, tapi kontraksi otot anusnya pun harus diperbaiki,” ungkap dr. Niko M. Manaf, ahli bedah digestif RS. Kartika, Polumas, Jakarta.
Kondisi hemoroid dibedakan atas 4 tingkat. Tingkat pertama, hanya terjadi perdarahan dengan rasa gatal. Tingkat kedua, terjadi perdarahan disertai rasa sakit dan munculnya benjolan kecil yang belum mengganggu proses buang air besar. Tingkat ketiga, adanya perdarahan dengan benjolan yang keluar sesudah buang air besar, tetapi dapat masuk sendiri. Tingkat keempat ditandai dengan benjolan yang nongol setelah buang hajat tidak dapat masuk sendiri, sehingga harus dibantu untuk memasukkannya kembali. Bahkan, dr. Niko M. Manaf menambahkan gradasi kelima, yakni ketika benjolan tidak dapat didorong masuk kembali. Ini terjadi lantaran adanya proses fibrosis (pengerasan) atau pembentukan thrombosis (pembekuan darah). Pada tingkat ini penderita biasanya sangat kesakitan.
Perbedaan tingkatan hemoroid inilah yang kemudian membedakan cara penanganannya. Untuk kasus ringan biasanya cukup dikendalikan dengan minum, makan menu tinggi serat, dan buang hajat secara rutin. Krim mengandung obat kortikosteroid dan bahan anestetik lokal dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri. Namun, kemungkinan munculnya kembali hemoroid masih terbuka lebar.
Ambeien yang lebih berat bisa diatasi dengan cara pengikatan bagian yang bengkak dengan karet agar “mati” dan lepas dengan sendirinya. Namun, cara pengikatan pangkal hemoroid ini sudah sangat ketinggalan zaman dan hanya kalangan terbatas yang masih mempraktikkan. Keberhasilannya pun tidak bisa dijamin, bahkan seringkali menimbulkan infeksi yang menyiksa atau perdarahan yang luar biasa.

Beginilah kalau di sekitar "kutub selatan" bercokol ambein
Sampai saat ini, “Satu-satunya terapi terbaik adalah mengangkat benjolan itu,” jelas dr. Niko. Teknik operasinya beragam. Bisa dengan cara konvensional, cryosurgery (operasi ekstradingin), atau bisa pula dengan operasi menggunakan sinar laser. Setelah operasi, “Pembuluh darah baru akan terbentuk. Tapi, yang baru pun kalau hambatannya masih ada, hemoroid akan muncul lagi,” tambahnya. Menurut dia, dengan operasi angka kambuhnya mencapai 60% dalam tempo setahun dan 70 – 80% dalam waktu 2 tahun.
Pengikatan arteri
Kalau segan atau takut menjalani operasi, penderita bisa pula memilih tindakan non-operasi. Di antaranya, yang cukup modern dan sudah diterima di dunia kedokteran adalah sclerotherapy (penyuntikan cairan iritan). Dengan cara ini pembuluh darah yang membengkak akan mengalami pengkerutan. Atau, dengan metode Transproctoscopie Doppler Ultrasound Haemorrhoidal Artery Ligation (TDUHAL) yang sudah banyak dikembangkan di Australia. Pelaksanaan metode ini cukup sederhana; pasien hanya menjalani tindakan pengikatan pembuluh darah arteri yang mengarah ke pembengkakan ambeien.
Ciri khas metode TDUHAL adalah dipergunakannya alat bantu doppler ultrasound beserta perlengkapan pendukungnya. Pada peralatan canggih dan mahal ini terdapat doppler transducer, semacam sensor yang dilengkapi pengeras suara. Dengan bantuan alat ini, dokter bisa mendengarkan suara detak nadi sehingga bisa diketahui arteri mana yang bermasalah. Di depan doppler transducer, terdapat jendela kecil dan lampu. Dari lubang inilah dokter melakukan pengikatan pada arteri bermasalah tadi. Titik pengikatan kira-kira 10 cm dari anus.
Dengan terapi pendahuluan berupa pemberian obat penenang agar tidak gelisah, tindakan ini hanya memerlukan waktu 15 menit ditambah untuk pemulihan akibat obat penenang selama sekitar 30 menit. “Pembiusan tidak diperlukan dan rasa nyeri relatif tidak terlalu mengganggu,” jelas dr. Henry Santoso, ahli bedah Procto Center Indonesia (PCI) yang mempraktikkan metoda TDUHAL.
Menurut Nur Damnur (56) yang ditemui Intisari usai menjalani tindakan TDUHAL, penanganan ambeien dengan cara ini tidak menimbulkan rasa sakit berarti. “Ya, waktu alat (doppler, Red.) dimasukkan saja yang terasa sedikit sakit. Setelah masuk, saya tidak merasakan apa-apa. Tahu-tahu sudah selesai,” ujarnya.
Pasca tindakan tidak diperlukan perawatan khusus. Pasien tidak perlu menjalani rawat inap. Dia hanya diberi obat antibiotika, obat antinyeri, obat hemoroid (anusol), dan obat pencahar untuk melembekkkan kotoran. “Obat antinyeri diberikan karena ambang nyeri tiap orang berbeda-beda. Obat ini cuma diminum bila terasa nyeri. Sedangkan anusol diberikan untuk menyusutkan pembengkakan yang terjadi di sekitar pengikatan.”
Dengan dilakukannya pengikatan arteri, hemoroid tidak lagi mendapat pasokan darah. “Menurut teori, dua minggu setelah pengikatan, pembuluh darah akan mati,” tutur dr. Henry yang mendapat pelatihan metode ini di Korea Selatan. Karena itu, lama-kelamaan benjolan akan menyusut, bukan hilang. Tingkat keberhasilan metoda ini sekitar 80%.
Menurut Bambang Budiono (41), yang telah menjalani tindakan TDUHAL satu setengah tahun lalu, kini ambeiennya sudah mengecil. Padahal, ketika menjalani tindakan TDUHAL hemoroidnya sudah mencapai tingkat kedua.
Dr. Henry menambahkan, metoda TDUHAL paling baik untuk menangani hemoroid sampai tingkat ketiga. Makin parah ambeien yang diderita pasien, makin banyak pengikatan yang dilakukan. Sedangkan untuk tingkat keempat, dr. Henry tetap menyarankan tindakan operasi yang dipilih. “Namun, kalau pasien masih bersikeras tidak mau dioperasi, dengan alasan tertentu, metode TDUHAL masih bisa dicoba. Kadang-kadang, tindakannya tidak bisa dilakukan hanya sekali, melainkan sampai dua atau tiga kali. Hasilnya pun cukup bagus,” tambahnya.
Penyuntikan wasir dan otot anus
Pengobatan wasir akan sedikit berbeda kalau konsep kedokteran Timur yang digunakan. Berdasarkan konsep kedokteran ini, ada metode penanganan ambeien yang lebih menjanjikan, yakni dengan injeksi obat wasir. Yang disuntik dalam metode yang pertama kali digunakan pada tahun 1993 ini bukan cuma wasirnya, tapi juga otot anusnya. Tujuannya agar otot anus bisa mencengkeram dengan baik dan merata di seluruh bagian.
Macam obatnya cukup banyak, tergantung tingkat keparahan ambeiennya. Makin parah tingkatan penyakitnya, diperlukan kualitas obat wasir yang makin bagus. Dengan obat yang lebih bagus, perbaikan yang terjadi akan lebih baik. Obat ini akan berada di bagian yang disuntikkan sekitar 2 minggu. “Selama dua minggu itu dia memperbaiki struktur otot anus. Dia akan memperbaiki kontraksinya, membentuk aliran darah baru, dan menghilangkan varisesnya. Wasirnya tidak mengkerut melainkan mencair dan diserap tubuh,” jelas dr. Niko.
Diharapakan, dengan sekali tindakan, wasir tidak kambuh lagi. “Seperti dikatakan oleh penemu obat wasir ini, sekali suntik untuk seumur hidup. Mudah-mudahan begitu. Saya sudah menolong ribuan orang, hasilnya kira-kira seperti itu,” ujar dr. Niko. Tingkat kegagalannya diperkirakan cuma 2%. “Yang tidak berhasil itu karena tidak mengikuti petunjuk. Umpamanya hari ini disuntik, beberapa jam kemudian pulang ke Bali dengan kereta api, sehingga mekanisme pengobatannya tidak jalan,” ungkapnya.

Dengan penyuntikan dr. Niko mengusir wasir
Menurut Niko, selain tidak memberikan efek sampingan, metode ini juga bisa diterapkan untuk semua tingkat ambeien. Bila telah mencapai tingkat kelima (pembagian tingkatan hemoroid dr. Niko), penanganan wasir perlu disertai tindakan operasi ringan yang bersifat korektif di lingkaran anus.
Namun, apa pun metoda penyembuhan ambeien yang dipilih, menurut dr. Niko, tidak akan berarti bila tidak disertai perubahan pola makan, olahraga, perilaku ke belakang. Pasalnya, peluang munculnya kembali penyakit yang telah disingkirkan tadi cukup erat dengan pola hidup yang dijalani. Dalam pengaturan pola makan, perlu menyertakan sayur-sayuran dan buah-buahan dalam jumlah cukup, serta meningkatkan makanan berserat tinggi. Olahraga dipilih yang memberikan beban ringan pada perut dan anus, seperti berenang. Jenis olahraga macam voli, basket, apalagi angkat besi, perlu dihindari. Saat bekerja, setelah duduk 3 – 4 jam sebaiknya berdiri untuk istirahat sambil berjalan. Lebih bagus lagi melakukan senam berdiri-jongkok, mengoyangkan pinggul, dan tarik-lepas napas. Perilaku buang hajat sebaiknya dilakukan secara teratur. Yang normal, sehari sekali. Diharapkan, dengan pola hidup macam ini tindakan penyembuhan wasir yang dipilih bisa memberi hasil yang baik untuk selamanya. (I Gede Agung Yudana)
Sumber: http://www.indomedia.com/intisari/1999/ februari/wasir.htm
Be the first to like this post.

96 Komentar

  1. yulian berkata,

    Mei 3, 2008 pada 12:47 pm
    Bisa tahu alamat prakteknya dr. Niko ? Ada saudara yang kebetulan menderita ambeien. Thanks
  2. mul berkata,

    Mei 27, 2008 pada 6:20 pm
    kok operasi juga
  3. Tris w berkata,

    Mei 28, 2008 pada 10:48 am
    Dok berapa kira2 biaya operasinya?jangan mahal2 dok,.kasihan org yg kurang mampu
  4. eddy berkata,

    Juni 13, 2008 pada 5:33 pm
    Saya pernah membaca di forum lain katanya sari buah apel bisa menyembuhkan wasir ? Apakah benar ? Kalau benar , apakah ada bedanya juice apel dengan sari buah apel ?
  5. Sexy berkata,

    Juni 26, 2008 pada 5:31 pm
    penasaran juga ni. bole tau alamatnya dok
  6. sanjisan berkata,

    Juni 28, 2008 pada 2:35 am
    Kalo mau menghubungi dr. Niko, coba telp salah satu RS di bawah ini, tanyakan dulu ttg dr. Niko M. Manaf bagian Bedah Digestif. Semoga sukses!
    RS Kartika Pulo Mas
    Jl. Pulo Mas Timur K, Blok G-H C/I, Pulo Mas, Jakarta Timur
    Telepon: 470-3333, 471 4793, 568-1570, 568-1571, 568-1575
    Fax: 470 3333
    RS Kartika Pulomas
    Jl. Pulomas Timur K Bl.G-H No.C I Jakarta Timur
    Telepon : 471497 ext 402-4880801
    RS Kartika RSPAD
    Jl. Abdurachman Saleh 22 – 24A Jakarta Pusat
    Telepon: 3840484
  7. she berkata,

    Juni 30, 2008 pada 3:07 pm
    Suami saya kena ambeien juga, kalo lagi kambuh rasa sakit di anus bisa nyeri sampai ke kepala. Udah tahap berapa ambeien suami saya dan cara penyembuhan apa yang paling baik, karena semua obat baik untuk diminum atau pun yang dioleskan sudah dicoba.Thx atas infonya.
  8. mrs virgin berkata,

    Juli 2, 2008 pada 6:49 pm
    mau tau biayanya…? gw tanya ma perawat disana katanya sekali suntik 8-9 juta, yah gw seh berdasrkan info dr sono..maap kalo salah…kalo mau pasti tanya aja sendiri
  9. PUJI berkata,

    Juli 4, 2008 pada 10:30 am
    mau tanya dok, untuk biaya suntiknya brp ya? jangan mahal2 ya dok….
  10. DEDE berkata,

    Juli 11, 2008 pada 4:53 pm
    saa ingin cara yg cepat dan murah untuk mengobati bwasir bapa saya
    karena kami orang dengan tingkat ekonomi yg pas pasan. Terima kasih
  11. mcu berkata,

    Juli 15, 2008 pada 1:59 pm
    saya baru aja bab dan keluar darah segar, setelah saya cek pada anus saya hanya ada rasa sakit pada dinding anus dan tidak ada jonjolan apa-apa, saya tidak pernah konstipasi tapi saya heran koq isa ya..
  12. tanti berkata,

    Juli 17, 2008 pada 10:23 am
    Bisa tahu alamat prakteknya dr. Niko ?
    berapa biaya pengobatan dengan cara suntik itu?
  13. mahpudin berkata,

    Agustus 7, 2008 pada 12:06 am
    dok barangkali punya tips untuk penyembuhan selain disuntik atau sedikit mengurangi harus banyak apa.
  14. sha berkata,

    Januari 22, 2009 pada 2:10 pm
    gini cara alami untuk mengobati wasir/ambeien tanpa operasi apa???????
    kalo boleh tahu berapa harganya????? dan di mana tempatnya??
    makasih yaaa
  15. hana berkata,

    Februari 3, 2009 pada 1:06 pm
    dimana tempat alamat dokter henry u/ pengobatan wasir dengan metode TDUHAL?????
  16. Toni Suhardjito berkata,

    Maret 2, 2009 pada 6:00 am
    Setidaknya, saya bisa tahu bahwa penderita ambeien separah apapun masih bukan berarti dunia sudah kiamat. Thanks!
  17. mini berkata,

    Maret 5, 2009 pada 12:01 pm
    obat ambeien selain operasi apa ya….mertuaku jg kena penyakit itu ktnya smp keluar darah ,kl seperti itu dah stadium brp…?thanks!
  18. widodo berkata,

    April 14, 2009 pada 11:39 am
    Pantangan bagi penderita wasir/ambeien jangan makan pedas, sate kambing dan lain2 yang sifatnya “panas”. Apabila telah sakit untuk pengobatan sementara ambil 7 lembar daun jambu klutuk/jambu batu. Daun jambu setelah dicuci bersih terus direbus sampai air mendidih kemudian tunggu sampai air rebusan itu hangat baru diminum.Ulangi pada malam harinya sampai kira2 2hari atau 3 hari. SEMOGA LEKAS SEMBUH
  19. kidon ginting berkata,

    April 22, 2009 pada 12:48 am
    Apakah Dr. Niko M. Manaf masih praktek ri RS kartika? Apakah Dr. Niko praktek di rumah sakit lain yang berada di Jak-bar atau tangerang. Mohon beri informasi, terima kasih
  20. neneng berkata,

    April 28, 2009 pada 10:29 am
    apa c yang g blh dimakan saat terkena ambeien?
  21. as berkata,

    Juni 10, 2009 pada 1:18 pm
    terima kasih infonya, saya penderita wasir akut. kira-kira brapa biayanya?
  22. sanjisan berkata,

    Juni 11, 2009 pada 9:02 pm
    Info Terbaru:
    TEMPAT PRAKTEK Dokter Nico M. Manaf:
    1 RS Harum Sisma Medika
    Jl. Tarum Barat Kalimalang – Jakarta Timur, 13620
    (021) 8617212, 8617213 (021) 8601030
    2 RSPAD Gatot Soebroto
    Jl. Dr. Abdul Rachman Saleh No. 24 – Jakarta Pusat 10410
    (021) 3441008, 3840702 (021) 3843101, 352
    3 RS Kartika Pulo Mas
    Jl. Pulomas Timur K, Blok GH C/I Jakarta Timur 13210
    (021) 4714793, (021) 4880801 (021) 4703333
    Sumber:
    http://medicastore.com/dokter/3154/index.html
  23. Ronny berkata,

    Juni 18, 2009 pada 11:56 am
    Makasih untuk info alamat prakteknya, tapi biaya pengobatannya berapa ya? (banyak yang nanya kok ga dijawab sih mas). Btw ada yang bisa kasih info tempat operasi ambeien lainnya ga ya?, and berapa biayanya?, kalau bisa yang murah ya, maklum kami dari kalangan kurang mampu.
  24. Dian berkata,

    Juni 24, 2009 pada 8:13 am
    DOk, bagaimana caranya menghilangkan nyeri, apa tidak ada tanaman herbal yang bisa menyembuhkan dari luar ?
    Kalau disuntik berapa biayanya ya ??
  25. Pineston Purba berkata,

    Juni 25, 2009 pada 2:52 pm
    Saya seorang yang sudah menjalani operasi hemorroid di sebuah RS di Medan. Masa penyembuhan sekitar 2 bulan namun masih harus tetap menjaga makanan minimal 6 bulan agar kotoran tidak keras saat BAB karena dapat keluar darah. biaya yang sudah dibayar kantor tmpt saya bekerja sekitar 15jt. Semoga menjadi bahan masukan bagi pembaca.
  26. Dodi berkata,

    Juli 8, 2009 pada 9:56 am
    Wah ini yg bikin artikel bego ya, bikin senewen aja ya. kalo cuman punya info setengah2 gak usah posting-postingan segala lah. Tuh banyak yg nanya alamat n biaya aja gak dijawab2. udah tutup aja ni posting.
  27. sanjisan berkata,

    Juli 14, 2009 pada 12:46 am
    @Dodi,
    Baca dulu semua komentar (di atas), apa alamat dr Nico tidak kelihatan?
    Kalo anda tetap tidak bisa melihat alamat2 dr Nico, sebaiknya periksakan mata anda ke dokter, biar tidak membego2kan orang lain.
    Soal biaya, bukankah sudah ada masukan informasi dari komentar nomor 25, apa masih tidak kelihatan juga?
    Tapi kalo ingin info biasa yang PASTI, calon pasien sebaiknya menelpon pihak Rumah Sakit dimana dr Nico praktek.
    Karena biaya operasi selalu berubah-ubah termasuk jasa dokter, kamar rawat inap, obat-obatan, laboratorium, dan lain-lain, tergantung kondisi pasien dan tindakan tambahan yang harus dilakukan.
    Anda mengatakan: “banyak yg nanya alamat n biaya aja gak dijawab2″.
    Apakah kata-kata anda bisa dipertanggung-jawabkan??!
  28. Iman Sulaiman berkata,

    Juli 21, 2009 pada 6:37 pm
    Biaya untuk mengangkat wasir berapa?
  29. Linguk berkata,

    Juli 29, 2009 pada 8:20 pm
    saya hanya mau mengomentari tulisan yg bego2in org laen. Mbok ya jd org tu klo ngomong di pikir dl. Jgn sok pintar sndri. Udh jls di byk komentar d jwb dgn jelas, msh aja mbego2in yg pnya posting. Dasar ga punya sopan santun.
  30. ENUNK berkata,

    Agustus 8, 2009 pada 9:28 am
    SAYA TERKENA AMBEIN SUDAH LAM, SAYA SUDAH MINUM OBT TUK AMBEIN TPI KNP YUMZ HILANG” JUGA YA PENYAKITNYA?
    SAYA HARUS GIMANA NH?SAYA HARUS MINUM OBT APA N APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN?SAYA SERING SAKIT APABILA SETELAH BUANG AIR BESAR N SUKA KELUAR DARAH,SAYA MOHON BANTUANNYA YA,MAKASIH.
  31. imam berkata,

    Agustus 26, 2009 pada 3:29 pm
    tolong yang tau obat herbal yang bagus buat ngobatin wasir ksh info
  32. dadang berkata,

    Agustus 26, 2009 pada 3:34 pm
    penyakit itu kalok dibiarin aja kira2 bs hilang gak atw bs jd ke matian siapa yang tau akibat penyakit ini dibiarin saya gak ada biaya buat ini
  33. Junior berkata,

    September 11, 2009 pada 9:55 am
    Info aja, selain di jaga pola makannya, mungkin teman2 bisa coba obat alami yaitu daun tumbuhan Sambung nyowo (di makan sebagai lalapan atau sayur dan di tumbuk lalu di tempelkan ke wasirnya. mudah2 bermanfaat….
  34. edyismanto berkata,

    September 22, 2009 pada 10:20 am
    dock . mungkin jumpa docter kejahuan karna saya berada di riau.saya mau nanya obat untuk wasir yang bagus apa doc yang harus saya konsumsi.soalnya saya penderita wasir sudah seminggu
  35. agustina berkata,

    September 22, 2009 pada 9:03 pm
    kalau pasiennya sgt beresiko tinggi utk trombosis vena (krn APS) apa tindakan terbaik yang dokter anjurkan?
  36. cep berkata,

    September 25, 2009 pada 6:41 am
    info. sy penderita wasir bwt obat herbal sy biasa minum rebusan daun ungu (handeleum – sunda) lebih baik lg ditambah daun lidah buaya, sy dpt infonya dari buku obat alternatif terbitan PS trubus.smg bermanfaat.
  37. cep berkata,

    September 25, 2009 pada 6:52 am
    info. daun ungu atau handeleum sy dapatkan di kuntum nurseries jln raya tajur no 291 bogor, telp 0251 8356752 disana tersedia bibit tanaman obat yg lumayan lengkap.tq
  38. soula1 berkata,

    September 28, 2009 pada 11:21 am
    @cep: apakah itu obat herbal daun ungu itu benar2 berkhasiat? bagaimana wasir anda stlh minum rebusan daun ungu itu? dan berapa harga dr daun ungu tsb? terima kasih.
  39. Yiza Irfangi berkata,

    Oktober 2, 2009 pada 4:29 pm
    Berapa Biaya Pengobatan Ambeien dengan metode suntik ? mohon dikasih gambaran. komentar No. 25 cuma untuk metoda Operasi.
  40. Darma berkata,

    Oktober 18, 2009 pada 10:33 pm
    Berapa biayanya dan dimana prakteknya?
  41. Yiza Irfangi berkata,

    November 26, 2009 pada 1:27 pm
    di rumah sakit mana saja yang menyediakan pengobatan wasir dengen suntik ? tolong informasinya
  42. Yiza Irfangi berkata,

    Desember 31, 2009 pada 1:52 pm
    mohon kirim ke email saya tempat prakter dokter niko…
  43. wawang dedi p berkata,

    Januari 13, 2010 pada 2:18 am
    mohon dikirim alamat praktek dr niko.. thanks
  44. wawang dedi p berkata,

    Januari 13, 2010 pada 2:23 am
    di rumah sakit mana di jawa timur khususnya surabaya dan malang yang menyediakan pengobatan wasir dengan suntik..? mohon informasinya
  45. WANTO berkata,

    Januari 27, 2010 pada 10:55 am
    Sedikit melengkapi, dari beberpa pertanyaan. kayaknya pada nggak melihat postingan sebelumnya.
    Mengenai biaya : sudah di jawab di Point 8,25
    Alamat praktek : sudah dijawan di point 22
    semoga membantu
  46. dian ratih berkata,

    Januari 27, 2010 pada 8:03 pm
    Saya tinggal di singapore..bagaimana cara mendapatkan daun ungu atau handelem ya…wasir di luar.sudah sebesar biji rambutan .tapi tidak ada darah…hanya terasa panas dan juga sangat menggagnggu ….
  47. kidon Ginting berkata,

    Januari 29, 2010 pada 12:14 am
    Biaya operasi kelas termorah 10 jt s/d 17 juta. Dokternya sangat baik dan kita diberi penjelasan tentang penyakit kita. Pertama di gambar terlebih dahulu lokasi penyakit dan dijelaskan penyebab penyakit dan cara penanggulanganya. Sekarang saya sudah sembuh dan biaya sekitar 13 jt utk kelas 2. Rumah sakit Kartika pulo emas. Fasilitas sangat sederhana dan jumlah perawat sangat sedikit, tapi pelayanan perawatnya baik. Berobat saja k dokter Niko, belum banyak dokter specialis ambien. Saya berterima kasih Sama Dr. Niko sekarang saya sudah sembuh total. Semoga bermanfaat.
  48. erlina ekawati berkata,

    Februari 1, 2010 pada 9:33 am
    pengobatan suntik wasir ini adanya di rumah sakit mana n biayanya mahal gak ya,apa kita langsung mengarah ke dr niko klw ya dr niko adanya dibagian apa
  49. boy berkata,

    Februari 2, 2010 pada 10:02 pm
    PERHATIAN BUAT PARA PENDERITA AMBEYEN, BAGI YG BELUM OPERASI BLH COBA OBAT INI, INI BERDASARKAN PENGALAMAN…
    1. SETIAP HARI MAKAN PEPAYA 3-4X SEHARI +- 3 IRIS
    2. SETELAH MAKAN PEPAYA LANGSUNG MAKAN TOMAT YG UKURAN BESAR 2 BUAH DI IRIS KECIL2 CAMPUR GULA SEDIKIT ATAU SIRUP…
    3. LAKUKAN SETIAP HARI SELAMA 1 BULAN, PASTI AKAN MENGECIL
    4. JIKA DLM WAKTU 1 BULAN BELUM HILANG BENJOLANNYA, TERUS KAN MAKANAN TERSEBUT SAMPAI BENJOLAN AMBEYEN BENAR2 HILANG.
    5. SETELAH AMBEYEN HILANG, MAKAN TERSEBUT TETAP DI KONSUMSI SEPERLUNYA, MISALNYA 3 HARI 1 X ATAU 1 MINGGU 1X, TERGANTUNG KEBUTUHAN
    INI SDH TERBUKTI DARI PADA OBAT2AN YG GA JELAS….
    JGN STREES… LAKUKAN SAJA…PASTI SEMBUH………
  50. boy berkata,

    Februari 2, 2010 pada 10:03 pm
    BUAH YG SAYA MAKSUDKAN NO 2 TERSEBUT ADALAH BUAH TOMAT
  51. WiseMan berkata,

    Februari 9, 2010 pada 10:11 am
    Udah byk kok penyembuhan dengan metode suntik, dan dengan biaya yang relatif murah, gak sampe sejuta.
    untuk fase 2-3 cukup sekali suntik pasti sembuh kurang lebih 2 minggu.
  52. rarha berkata,

    Februari 13, 2010 pada 2:17 pm
    saya uda hmpr sebulan susah BAB, perasaan kebelet gt tp ko’ ga bisa keluar tapi sering2 buang air kecil n rasanya sakit, ada teman anjurin minum obat n hbs minum obat, emang benran keluar tp saking seringnya saya jadi lemas n yg saya khawatirkan kadang keluarnya hitam pekat n cair kayak kopi..klw g minum obat pasti g bisa BAB lg padahal rasanya uda kebelet gt, saya takutnya saya ambeyen. apa benar klw saya kira2 ambeyen?????
  53. nyoman berkata,

    Februari 14, 2010 pada 10:29 am
    Yang terhormat,
    mohon informasikan untuk pengobatan wasir baik itu suntik maupun ramuan yang ada dibali
    Terima kasih
  54. baloy berkata,

    Maret 1, 2010 pada 8:14 pm
    coba deh obat ini CATAFLAM 50 mg dan FLAGYL FORTE 500 mg.
    buat yang parah 3 x sehari
  55. no wasir no cry berkata,

    Maret 7, 2010 pada 10:03 am
    jamu daun ungu terbukti berkhasiat!! Buat saudara2 seperjuangan mengusir wasir jangan takut…
    tip dr saudara cep amat bermanfaat.trims.
    Harga bibit tanaman daun ungu cuma 6000 perak kok(bisa buat warisan anak cucu).
    Daun ungu 6 lembar dicuci bersih direbus dlm 2 glas air sampe jd 1 glas.saring trus udah tinggal glek.
  56. agus supriyanto berkata,

    Maret 19, 2010 pada 9:31 pm
    untuk komentar no.51 bisa bagi info nya dimana tempat berobatnya
    thanks…….
  57. i am beien berkata,

    Maret 22, 2010 pada 7:24 pm
    Selasih alias telur kodok juga ampuh menyembuhkan wasir.
    Pernah kemarin malam saya bab atau setelah 2 hari gak bab.Setelah saya ngeden akhirnya bisa juga,rasanya kayak batu kerasnya dan menyebabkan anus saya berdarah,sakit perih dan panas luar biasa.Akhirnya setelah semalaman tidak bisa tidur,saya pergi ke apotik pagi2 buta jam 3 pagi,setelah tanya2 dia cuma kasih ambeiven.Gak terlalu ampuh tapi yang penting saya bisa tidur.
    Sorenya saya diberi petunjuk sahabat supaya minum selasih,dan singkat kata wasir saya sembuh.
    Silahkan coba tip saya.Trimakasih.
  58. Alpy berkata,

    Maret 26, 2010 pada 3:49 pm
    Mohon pencerahan juga dong:), btp menderitanya kalo mau BAB…
    Masih ada yg punya tips yg paling2 gampang dan manjur ga? Coz udah parah bgt nih rasanya..:(
  59. iwan berkata,

    April 6, 2010 pada 4:40 pm
    Bingung????, udah 4 tahun wasir blm juga sembuh,padahal udah 2x operasi.
    Stresssss bgt.
    Mau coba alternatif yang bisa di pindah kan kebinatang.
    Udah ada yang pernah coba ndak????
  60. rheival berkata,

    April 6, 2010 pada 4:49 pm
    ada info bagi penderita wasir…
    cukup 10 hari, anda terbebas dari wasir lepas sampai ke akar2 nya.
    biaya dapat di angsur.
  61. bebeb berkata,

    April 18, 2010 pada 1:04 am
    Cuma mo berbagi pengalaman aja ya, dulu pernah ya stelah BAB terasa perih dan sakit sampai ga bisa duduk, akhirnya ambil inisiatif sendiri mencoba kapas di tetesin minyak tawon lalu di oles/sumpal, sampai skarang bebas dari rasa sakit tersebut. Hanya saja masih ada benjolan kecil di luar anus bagaimana cara nya ya agar dpt kembali normal, tolong di info ya kalo ada yg tahu.
  62. Imron berkata,

    Mei 20, 2010 pada 11:56 pm
    Mohon info untuk daerah Medan. Terima kasih sebelumnya.
  63. Vayshol Sandrogi berkata,

    Mei 28, 2010 pada 7:54 pm
    Untuk No.51 pertanyaan saya sama dengan pertanyaan No.56.mohon bantuan informasinya. Untuk No.60 mohon informasi alamat berobat tsb dan berapa perkiraan biaya yang katanya dapat diangsur.Terima kasih atas bantuannya.
  64. MARDEW berkata,

    Mei 31, 2010 pada 12:04 pm
    Aku dah ambeyen 7 th lamanya…. dah coba semua obat minum apotek maupun tradisional… tp tetep hrs operasi karna tonjolan ga bs msk lagi..
    kl abis BAB suka meradang,biasanya ak kasi salep cina yg warna kuning hemoroid ,tanya aja di toko cina saleb ini… manjur bgt lgs meradangnya ilang!
    selamat mencoba
  65. D berkata,

    Juni 1, 2010 pada 11:52 pm
    Sy punya ambeien..
    Kalo BAB srg skit dan kluar darah,
    Sy pkein minyak tawon (yg tutupnnya merah),lumayan ada hasil…
    Minyak tawon sy ksikan k kpas,trus sy tkan2 k anus..
    Klo ga pnh ibu sy jg mnyarankan pke FAKTU yg cream,ibu dan kk sy mnggunakan obat itu..
    Silahkan mncoba
  66. D berkata,

    Juni 1, 2010 pada 11:55 pm
    Oia..
    Sy mau mngomntari no 54,
    Obat Cataflam itu bukan obat ambeien tp obat pnurun bengkak..
  67. PRI berkata,

    Juni 7, 2010 pada 8:40 pm
    Katanya, … kalo kita operasi wasir sangat menderita … sakiiit sklali setelah operasi. Katanya skr ada operasi wasir yg tidak terlalu sakit dengan menggunakan alat sekali pake…, Ada yg tau nggak di Samarinda – Kalimantan Timur dokter mana yg bisa saya hubungi?
  68. ron wahid berkata,

    Juni 9, 2010 pada 11:49 am
    aku jga penderita wasir klw abis pub terasa sakit dan panas luar biasa
    ada yg bisa bantu gak gmana mengatasinya
  69. rio setiawan berkata,

    Juni 23, 2010 pada 11:53 am
    bagi temen2 yg ngalamin wasir…..or ambeyen…..
    BUAH “PEAR” adalah solusi yg tepat-enak-harga terjangkau-alami-gak repot,,
    coba kalian konsumsi 2 sampai 3 buah “per”…..setiap hari….
    selamat mencoba….
  70. KITROY berkata,

    Juni 26, 2010 pada 8:15 pm
    saya juga penderita WASIR stadium 3+….
    PENGOBATAN WASIR ada, TANPA OPERASI…
    di KLINIK BUFAR (Jakarta,Terminal Senen)., saya coba ke klinik tersebut, dan coba konsultasi penyakit ambayen saya… setelah diperiksa saya di tawarkan 2 cara pengobatan : 1.sembuh kempis = 1,8 JT
    2.Sembuh sampai copot ke Akar-Akarnya = 40 JT
    pengobatan ini di tangani oleh seorang Prof. dari india….
    sayangnya saya tidak mampu untuk berobat ke klinik tersebut., karena keterbatasan ekonomi saya… sampai saat ini saya masih Ambayen…
    BAGI TEMEN-TEMEN yang mau coba silakan hub klinik ini :
    Jln.Bungur Besar No.53H Tlp.021-4205581
  71. yortik berkata,

    Juli 4, 2010 pada 6:35 pm
    @mas kitroy : nama kliniknya bafar di jl bungur besar, 40jt ?? mahal buanget :) bukankah lebih murah sdr kidon ginting di point 47 :)
  72. nank michael berkata,

    Juli 6, 2010 pada 9:44 am
    Di RSPAD ada spesialis digestiv namanya Dr. Tan Sunardi, jago nanganin ambeien pake sistim suntik gak sakit cuma 5 menit. Biayanya Rp 1,5 juta obat2nya ambil di apotik Rp 800 ribuan. Kalau belum parah sekali suntik sembuh, kalau sudah parah yah 2 or 3 kali suntik deh. Saya sendiri sudah 25 tahun wasir, dengan 3 kali suntik sekarang wasirnya sudah bablas.
  73. joey berkata,

    Juli 9, 2010 pada 2:20 pm
    @mas nank michael: anda sudah berobat di dr Tan ya? ada perawatan khusus ga setelah anda berobat disana ? ada pantangan2 yang harus di jalankan ? berapa lama sembuhnya setelah menjalani terapi ( sampai wasirnya bablas blas ) ? terimakasih pencerahannya.
  74. rizky berkata,

    Juli 10, 2010 pada 4:43 pm
    Dok saya baru umur 23 tahun,saya penderita wasir,saya biasa minum obat biasa yg menghilangkan rasa nyeri.tapi kalau saya sudah duduk atau menyetir lama,tiba bisa kambuh,ni hal yang membosankan bagi saya,saya ingin keluar dri keadaan ini,bagaiman cara menghilangkannya dok
    thanks.
  75. cahyo berkata,

    Juli 14, 2010 pada 1:24 pm
    Saya juga penderita wasir sudah tahunan. Karena ketidaktlatenan dan kurang sabar, berbagai obat sudah saya coba. Barangkali ada informasi pengobatan alternatif atau operasi yang tidak mahal-mahal amat di Surabaya dan sekitarnya. Sebenarnya ada tempat praktek Prof. Bafar di Surabaya, tapi sayang saat di telp. katanya sudah pindah. Dan tidak tau dimana tempat praktek yang baru. Mohon bantuannya. Thanx.
  76. bro berkata,

    Juli 14, 2010 pada 8:11 pm
    Saya mau berbagi ‘cerita’ sembuh dari wasir tingkat 3.
    Sebelumnya,berbulan-bulan anus saya berdarah plus ada benjolan,menyiksa dan sangat menyiksa.
    Singkatnya,sebagai kaum marginal,bulan mei saya coba minum obat korea yang bungkusnya kuning ada panahnya.Saya beli 195rb di palmerah jakarta.Perlahan-lahan saya sembuh,buang air besar lancar dan gak ada benjolan lagi.Efek sampingnya saya rasakan juga gak ada.
    Akhirnya memang pola makan serta olah raga penting sekali.
    Nah,kawan-kawan bagi ‘mentok’ dan ingin coba silahkan..
  77. nankmichael berkata,

    Juli 15, 2010 pada 5:23 pm
    untuk menjawab joey no. 73, tidak ada perawatan khusus, pantangannya al. jangan nahan2 bab, jangan makan pisang, sembuhnya 2 minggu lebih deh.
  78. oktina berkata,

    Juli 27, 2010 pada 1:28 pm
    temen2 tolong bantu aku ya…. aku punya ambieyen, kalo berdiri lama, atau duduk jongkok suka keluar benjolan di anus, saklt dan keluar darah sih ga ya, tapi kan risih juga, trus kalo ga didorong ga mau masuk benjolan itu, aku hrs gmn n obat / ramuan2 apa ya yg harus ku minum (jng operasi takuttt).
  79. gendisbanyumas berkata,

    Juli 29, 2010 pada 4:38 pm
    Kunjungan sore, silahkan mampir juga ke site kami minuman herbal berkhasiat gujahe & gulajoss, ada program kemitraan senilai 35 juta nett, jika anda berminat silahkan mail ke info@gujahe-kbm.com atau sms/ telpn ke +62-21-23986886
  80. yokinop berkata,

    Juli 30, 2010 pada 11:28 am
    sekedar himbauan,coba aja minum habatusaudah terus menerus,mulailah makan menggunakan tangan kanan (tdk pakai sendok) bagusnya berjamaah dgn keluarga,kalau ada makanan lebih bagi ama tetangga,makan buah sebelum makan and yang terpenting jangan lupa sholat 5 waktu,istigfar sebelum dan sesudah beramal,zikir sebanyak2nya,do’a untuk kita,keluarga dan saudara muslim jgn ditinggalkan.InsyaAllah sembuh.Wassalam
  81. deus cura berkata,

    Agustus 5, 2010 pada 6:28 pm
    Saya terkena wasir waktu sma ( 20 th yg lalu) sejak itu sering mengalami pendarahn dan biasanya sembuh kalau minum daun ungu, tetapi terakahir ( 4 th yg lalu) saya mengalami pendarahan dan tdk sembuh2, akhirnya oleh mertua diberi ramuan tradisional tanpa bahan kimia sama sekali , akhirnya benjolannya pecah sendiri dan pendarahan berhenti sampai sekarang, kalau berminat kirim email ke wasirsolution@yahoo.com akan diberitahu cara memperolehnya.
    Semoga bermanfaat
  82. Bobby berkata,

    Agustus 10, 2010 pada 4:25 pm
    Pengalaman Pengobatan sinshe di Kapasari, Surabaya biaya sekitar 6 jt lebih, dirawat 2 minggu menginap diobati 3x sehari, copot ke akarnya. Ada jaminan 5 tahun (sudah saya buktikan). Kalau letak wasir terlalu dalam biasanya disuruh pulang tidak bisa diobati.
    Pengobatan dokter tanpa operasi di dr. Oetomo HS, Jakarta pake alat Ultroid. Sekali terapi 750 rb minimal 3 x. Langsung kempes bisa aktivitas tidak perlu menginap, kalau belum tuntas 2 tahun kambuh lagi. Kemarin konsultasi lagi malah disuruh operasi saja, sekarang hanya terima yg stadium awal.
    Pengobatan suntik saya belum coba, mungkin ada yg tahu dokter di Semarang yg bisa melaksanakan ?
  83. Kocol, Stbd berkata,

    Agustus 20, 2010 pada 1:59 pm
    kalo wasir yg bisa sembuh seterunya, tapi tanpa operasi apa ada…???
    dimana??? apa di jamin 100 % pasti sembuh total..??.
    kalo hrs dgn operasi, di RS mana.? metode nya dgn cara/alat apa..??
    berapa kira2x habis biaya nya..?? brp lama waktu pemulihan nya..?
    setahu saya banyak artikel yg bilang, semua itu trgntung kondisi wasirnya…
    jadi mending… konsul dulu ke dokter Sp.D dan dr Sp.B (dalam & bedah)
    oke.. bro , kalo ada temen2x yg tau obat ampuh untuk wasir, kirim e-mail…
    tks…
  84. Deus cura solusi wasir berkata,

    September 4, 2010 pada 3:52 pm
    Saya mengalami pendarahan karena wasir kira-kira 20 th yang lalu, waktu SMA. Saya minum ramuan daun ungu , dan bisa berhenti pendarahannya, tetapi benjolan masih ada. Sejak itu saya mengalami beberapa kali pendarahan lagi dan minum daun ungu bisa berhenti. Terakhir 4 th yang lalu saya mengalami pendarahan lagi dan minum daun ungu seperti biasa dengan harapan bisa berhenti seperti biasanya ternyata tidak berhenti pendarahannya. Akhirnya saya diberi ramuan tradisional oleh mertua saya, kemudian pendarahan saya berhenti dan benjolan saya pecah. Ramuan itu dibuat tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali jadi cukup aman dikonsumsi siapa saja yang menderita wasir. Ramuan tersebut kami beri nama Deuscura, Bagi yang berminat dapat menghubungi email wasirsolution@yahoo.com.
  85. Deus cura solusi wasir berkata,

    September 4, 2010 pada 3:53 pm
    hallo..Saya mengalami pendarahan karena wasir kira-kira 20 th yang lalu, waktu SMA. Saya minum ramuan daun ungu , dan bisa berhenti pendarahannya, tetapi benjolan masih ada. Sejak itu saya mengalami beberapa kali pendarahan lagi dan minum daun ungu bisa berhenti. Terakhir 4 th yang lalu saya mengalami pendarahan lagi dan minum daun ungu seperti biasa dengan harapan bisa berhenti seperti biasanya ternyata tidak berhenti pendarahannya. Akhirnya saya diberi ramuan tradisional oleh mertua saya, kemudian pendarahan saya berhenti dan benjolan saya pecah. Ramuan itu dibuat tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali jadi cukup aman dikonsumsi siapa saja yang menderita wasir. Ramuan tersebut kami beri nama Deuscura, Bagi yang berminat dapat menghubungi email wasirsolution@yahoo.com.
  86. hidayatullah berkata,

    September 5, 2010 pada 2:00 pm
    wah, saya jadi bingung, banyak pengobatan alternatif, operasi dll. mana yang paling terbaik yah, sehingga wasir tdk datang-datang lagi?
  87. amsyar berkata,

    September 9, 2010 pada 7:20 am
    udah ada blom di Medan mas
  88. Bobby berkata,

    September 22, 2010 pada 9:47 pm
    Perhatian penderita wasir. Kebanyakan orang merasa sembuh setelah pendarahannya berhenti padahal wasirnya tetap membesar. Sekalipun dioperasi ada kemungkinan muncul lagi di tempat lain. Pada satu orang bisa saja ada dua, tiga, lima atau lebih “bibit” wasir yang suatu saat akan membesar. Jadi jangan didengar terlalu serius janji2 muluk seperti “copot sampai ke akarnya”, “pecah dan sembuh”, dll. Suatu saat wasir akan datang lagi, bisa 2 tahun, bisa juga 5 tahun kemudian, bisa lebih atau kurang. Berobatlah secara rasional jangan membuang biaya terlalu besar. Jadikan proses pengobatan menjadi sarana melatih kesabaran sehingga mendapat pahala bukan kecewa.
  89. Maurid berkata,

    September 28, 2010 pada 11:30 pm
    Utk pengobatan tanpa operasi biayanya berapa dok, atau dengan operasi berapa,,,, mhn rinciannya… trims
  90. Deus Cura solusi wasir berkata,

    September 30, 2010 pada 1:08 pm
    @boby…. betul sekali dalam berobat kita memang harus rasional, sehingga kita tidak perlu keluar dana yang terlalu banyak, Saya tanpa terasa mengalami wasir dengan pendarahan dan benjolan selama kurang lebih 15 th dan biasanya pendarahan berhenti setelah mengkonsumi daun ungu, tetapi kasus terakhir saya tidak berhenti pendarahannya. sampai akhirnya saya minum ramuan hasil olahan keluarga saya, dan sudah berjalan 5 th ini tidak pernah mengalami pendarahan dan benjolan saya hilan ato pecah.
    menurut sebuah penelitian 20 % penderita hanya dapat disembuhkan melalui operasi, yah mungkin karena bertemu dokter yang menyarankan begitu dan pasien kebetulan punya uang. tetapi kalau tdk punya uang sebanyak itu memang berat rasanya .Barusan ada seseorang yang membeli paket ke 7 ramuan Deus Cura…setelah saya tanya perkembangannya bagaimana? ( maksud saya kalau tidak ada perubahan yang berarti saya suruh berhenti saja, karena mungkin tidak cocok , dari pada buang uang tidak ada hasilnya) ternyata dia merasakan perubahan yang bagus. pendarahan berhenti dan benjolannya makin lama makin mengecil….dia ternyata divonis stadium 4 dan dokter mengajukan biaya operasi sebesar Rp 40 jt, dia menolak karena tidak ada dana sebesar itu. Dan akhirnya mencoba ramuan Deus Cura dan ternyata cocok.
  91. widodo berkata,

    September 30, 2010 pada 4:27 pm
    Minumlah Jus Tomat tiap Pagi,Siang,Sore selama 2 minggu,InsyaAllah Benjolan hilang tuntas-tas, Selamat Mencoba
  92. yusuf berkata,

    Oktober 10, 2010 pada 3:40 pm
    obat penyakit ambeien apa sih?
  93. Bobby berkata,

    Desember 1, 2010 pada 2:54 pm
    Mencoba lagi pengobatan wasir tanpa operasi dengan metode Barron modern, tgl 20 Nopember 2010 di Semarang. Sudah hampir 2 minggu, seharusnya sebentar lagi wasir copot. Terasa nyut2an sampai hari kelima terutama pada wasir eksternal (dekat dubur, ada 1 wasir), wasir yg di dalam tidak terasa (ada 2 wasir). Lumayan praktis, terapi hanya 30 menit langsung bisa aktivitas lagi. Kita tunggu perkembangan selanjutnya.
  94. dini berkata,

    Desember 10, 2010 pada 8:31 am
    Mohon informasi alamat praktek dan no telp dokter Henry Santoso….
  95. deden berkata,

    Desember 26, 2010 pada 4:46 pm
    ma`f dok…. saya terkena tingkat ke-4, apakah harus di operasi…tideak ada jalan laen selain operasi… mohon solusi nya?
  96. Muryadi berkata,

    Januari 4, 2011 pada 8:16 pm
    Saya mungkin kena tingkat 3, saya takut operasi, terutama masalah biaya.. Bagaimana solusinya, adakah biaya yang sangat murah untuk penyembuhan itu, karena saya saat ini barusan kena cobaan, tertipu sehingga ekonomi saya sangat kacau…
Share this post :

Poskan Komentar

Entri Populer