Cari Blog Ini

Memuat...

Formulir Order via Email

Nama

Email *

Pesan *

Home » » Obat Manjur untuk Wasir

Obat Manjur untuk Wasir

Written By M Imron Pribadi on Jumat, 28 Januari 2011 | 04.59

Obat Manjur untuk Wasir

Daun wungu biasa dijumpai di pekarangan rumah. Orang Sunda menyebutnya daun Handeuleum. Sedang orang Sumatera memberi nama daun Pudin. Kandungan kimia yang terdapat pada daun ini pernah diteliti. Zat-zat berkhasiatnya mampu menyembuhkan penyakit wasir dan beberapa jenis penyakit lain.

Tumbuhan daun wungu diduga berasal dari Irian dan Polinesia. Punya nama latin Graptophyllum pictum (L) Griff, tanaman ini biasa tumbuh liar di pekarangan. Terkadang masyarakat desa memakai tumbuhan yang termasuk dalam famili Acanthaceae ini sebagai pagar alami. Tanaman ini dapat tumbuh subur baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi dengan ketinggian sampai 1250 meter di atas permukaan laut. Namun daerah yang kena sinar matahari kuat atau sedang adalah tempat tumbuh daun wungu yang ideal.
Ciri menonjol tanaman yang juga sering disebut sebagai daun temen-temen ini adalah permukaan daunnya berwarna ungu mengkilap dan berbau kurang sedap. Daunnya berbentuk bulat telur dengan pangkal dan ujung daun meruncing. Sementara itu tulang daun menyirip. Bentuk tanaman ini adalah pohon kecil atau perdu. Tanaman perdu ini bisa tumbuh dengan ketinggian antara 1,5 sampai 3 meter. Cabang-cabang memenuhi batang tanaman ini.
Terdapat tiga jenis varietas tanaman daun wungu. Varietas itu adalah daun berwarna ungu, daun berwarna hijau dan daun belang-belang putih. Namun yang sering digunakan sebagai obat wasir adalah varietas yang berdaun ungu dengan nama latin telah disebutkan di atas.
Perkembangbiakan tanaman yang disebut orang Madura sebagai daun karotong ini bisa dilakukan dengan biji atau stek batang. Tetapi perkembangbiakan yang baik adalah dengan stek batang. Cara memeliharanya cukup mudah yaitu dengan cukup disiram dan dijaga kelembaban tanahnya. Jangan lupa pula untuk memberi pupuk dasar.
Punya Sifat Pencahar
Bagian tanaman ini yang dapat digunakan sebagai obat adalah bagian daun, kulit batang dan bunga. Daunnya mengandung flavonoid, alkaloid non toksik, glikosid, steroid, saponin, tanin dan lendir. Batangnya mengandung kalsium oksalat, asam format dan lemak. Kandungan zat tersebut mengakibatkan tanaman ini bersifat diuretik atau meluruhkan kencing, mempercepat pemasakan bisul, mempunyai sifat pencahar yang memperlancar buang air besar (mild laxative) dan melembutkan kulit (emolien).
Sifat pencahar pada daun ini hanya bersifat ringan, artinya menjadikan tinja lunak tapi tidak sampai diare. Ini disebabkan oleh kandungan lendir yang persentasenya mencapai 35 persen. Kandungan serat ini mampu membantu mengatasi dan mencegah penyakit wasir dan sembelit. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit wasir. Ada faktor kehamilan, keturunan dan kegemukan. Namun faktor yang paling jelas menyebabkan wasir adalah tinja yang terlampau keras sehingga menekan dubur dan menggelembungkan pembuluh darah di dubur. Faktor ini bisa dicegah dan diobati dengan minum ramuan daun ungu.
Mengurangi Pembengkakan
Senyawa flavonoid dalam daun wungu ini bersifat antiinflamasi sehingga mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan yang disebabkan oleh wasir. Sempat diberitakan juga oleh beberapa bahwa daun wungu mampu mengobati penyakit wasir yang amat parah alias keluar benjolan waktu buang air besar. Namun untuk memperoleh hasilnya secara maksimal penderita wasir harus meminumnya secara teratur, sehari satu gelas.
Rasa nyeri dan pendarahan juga bisa dikurangi dengan khasiat rebusan daun ini. Tapi untuk melancarkan datang bulan, khasiat tanaman ini terdapat pada bunganya. Zat antiinflamasi atau antiperadangan pada tanaman ini bisa juga digunakan untuk menyembuhkan bengkak dan bisul. Demikian juga untuk bengkak karena dipukul dan bisul di payudara.
Penelitian di Universitas Kristen Widya Mandala Surabaya di tahun 1980 berhasil membuktikan bahwa daun wungu berkhasiat mengatasi penyakit panas dalam. Kabar baik juga untuk penderita varises karena ramuan daun wungu dapat membantu menghilangkan varises yang cukup mengganggu penampilan.
Share this post :

Poskan Komentar

Entri Populer